About

Terletak di Jalan Jenderal Soedirman nomor 137, Bandung, Roemah Seni Sarasvati didirikan pada tanggal 21 February 2013.

Sejarah Roemah Seni Sarasvati

Rumah ini dibangun sekitar tahun 1920-an. Rumah ini dahulu merupakan toko ranjang dan mebel yang terdaftar sebagai Moelia & Co dengan alamat Grote Postweg West (Tjikakak) no 91. Adapun Weston merupakan merek dagang dari perusahaan ini. Rumah ini dahulu merupakan rumah dari salah satu peranakan Belanda yang berasal dari Sukabumi. Kemudian rumah ini dibeli oleh Tuan The Tja Tjay (yang merupakan kakek dari Lin Che Wei). Di hall utama dari rumah masih bisa terlihat tulisan Weston – HET LEDIKANTEN HUIS di galeri utama, yang bisa diartikan sebagai Toko Penjual Ranjang. Nama dagang Weston kemudian dipakai untuk nama pabrik tekstil keluarga besar pemilik. Pada tahun 2010, Lin Che Wei kemudian membeli rumah ini dari dua orang pamannya dan kemudian melestarikan rumah ini menjadi Roemah Seni Sarasvati untuk pelestarian cultural heritage daerah ini.

Kisah Rumah Ketujuh

Ketika dibangun Roemah Seni Sarasvati sebenarnya merupakan satu dari tujuh rumah yang mempunyai karakterisik bangunan yang sama (Arsitektur China-Belanda). Roemah Seni Sarasvati memiliki lebar 6,5 meter sementara keenam rumah lain mempunyai lebar 6 meter. Ciri khas dari rumah ini bisa terlihat dari lubang angin yang sama dan di ujung rumah pertama dan rumah ketiga mempunyai ujung atap yang sama. Di dalam perjalanannya, rumah nomor 2 dan nomor 3 mengalami perubahan yang sangat drastis karena dibangun menjadi dua lantai.

Daerah ini dikenal sebagai Grote Postweg West (Raya Barat) dan juga dikenal sebagai daerah Tjikakak. Pengambilan nama ini dikarenakan kota lama Bandung dibuat sepanjang tiga sungai kecil yang melintasi kota Bandung dan bermuara di Sungai Tjikapundung. Ketiga sungai tersebut adalah Tjikakak, Tjitepus, dan Tjidurian.

Sarasvati Art Management

Sarasvati adalah perusahaan riset dan manajemen di bidang seni rupa yang memadukan kekuatan analisa pasar seni dan jurnalistik. Sarasvati memiliki 4 (empat) jasa, yaitu Riset, Konsultasi, Pendidikan dan Promosi Seni. Sarasvati Art Management didirikan oleh Syenny Setiawan.

Kontak : Syenny Setiawan – Art Director. Email : syenny@sarasvati.co.id